July 19, 2024

Timnas Thailand datang ke Piala Asia 2023 dengan beberapa prahara yang cukup pelik. Setelah pemecatan pelatih Mano Polking, kini Thailand dihadapkan pada mundurnya Ekanit Panya dari skuad.

Thailand jadi satu dari 24 negara yang akan bermain di Piala Asia 2023 Qatar. The Golden Star berada di Grup F. Mereka akan bersaing dengan Arab Saudi, Kirgistan, dan Oman.

Persaingan di Grup F bisa dibilang cukup berat. Arab Saudi jelas bukan lawan mudah bagi Thailand. Celakanya, ada beberapa kendala yang dihadapi ‘Raja ASEAN’ itu jelang tampil di Piala Asia 2023.

Advertisement

November lalu, satu bulan sebelum Piala Asia 2023 digelar, FAT (PSSI-nya Thailand) memecat pelatih Mano Polking. Padahal, kinerja Polking tidak terlalu buruk. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

6 Pemain Jebolan FC Utrecht di Timnas Indonesia: Maarten Paes Bakal jadi Pemain ke-7?

Head to Head Timnas Indonesia vs Iran: Skuad Garuda Kalah Kelas

1 dari 2 halaman

Pelatih Dipecat, Pemain Mundur!

Pelatih Dipecat, Pemain Mundur!

Ekanit Panya resmi bergabung dengan Urawa Red Diamonds (c) J.LEAGUE – all rights reserved

Kabar bakal dipecatnya Mano Polking mulai mencuat usai Thailand kalah dari Georgia pada Oktober 2023. Pria asal Brasil itu kemudian dipecat pada November 2023, usai memainkan dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ada kabar yang cukup kontroversial di balik pemecatan Mano Polking. Kabarnya, dia sudah tidak sejalan dengan rencana sejumlah orang penting di FAT. Posisi Polking lantas digantikan oleh Masatada Ishii.

Saat Piala Asia tinggal beberapa hari, kabar mengejutkan lain datang. Ekanit Panya mundur dari daftar pemain Thailand untuk Piala Asia 2023. Keputusan ini disebut terkait dengan agenda klub yang dibelanya.

Ekanit Panya dilaporkan ingin fokus untuk ambil bagian pada sesi pramusim Urawa Reds bersama pelatih baru Per-Mathias Hogmo. Namun, belum ada konfirmasi resmi dari kubu pemain 24 tahun tersebut.

Timnas Indonesia vs Iran, Uji Nyali yang Sebenarnya Menuju Piala Asia 2023

4 Fakta Menarik Maarten Paes: Pernah Setim dengan Bagus Kahfi dan Lawan Lionel Messi

2 dari 2 halaman

Pernyataan Kontroversial Masatada Ishii

Penyerang timnas Thailand, Teerasil Dangda saat berlatih jelang melawan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (c) dok.Changsuek

Thailand tidak diperkuat beberapa pemain sohor mereka di Piala Asia 2023. Sebelum Ekanit Panya mundur, ada Teerasil Dangda dan Chanathip Songkrasi yang tidak masuk skuad. Mereka dilaporkan mengalami cedera.

Sementara, pernyataan kontroversial dibuat oleh pelatih Masatada Ishii. Dia menyebut ada pemain yang ogah bermain untuk Timnas Thailand.

“Di Thailand, beberapa pemain dipanggil dan menolak untuk pergi atau lebih memilih istirahat. Di Jepang, membela tim nasional merupakan suatu kehormatan besar. Meskipun Anda cedera, Anda tetap ingin pergi,” kata Ishii pada jurnalis Thailand, Ta Lao.

BACA INI JUGA YA BOLANETERS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *